Kemampuan Bercerita Fabel Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 07 Semboro Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Kurikulum 2013 menyebutkan bahwa kemampuan bercerita merupakan aspek yang penting untuk dikuasai oleh siswa SD. Bercerita dianggap penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena merupakan sebuah keterampilan berbahasa dan program untuk mengembangkan pengetahuan, dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan siswa SD dapat meningkatkan kemampuan dalam bercerita baik secara lisan maupun tulisan. Kegiatan bercerita biasanya menceritakan sebuah cerita yang tidak nyata seperti fabel. Dilatarbelakangi oleh urgensi kemampuan bercerita ini dibutuhkan penelitian untuk mengetahui kemampuan bercerita siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan bercerita fabel siswa kelas II SD Muhammadiyah 07 Semboro tahun pelajaran 2020/2021 serta faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, kemampuan bercerita fabel siswa kelas II SD Muhammadiyah 07 Semboro secara klasikal dapat dikatakan dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam bercerita fabel adalah faktor psikologis dan lingkungan.