• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas Iv di Sdn 1 Karangsari Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    doc tata.pdf (5.434Mb)
    Date
    2023-04-27
    Author
    ANGGRAENI, Maria Aqsata
    MASYHUD, M Sulthon
    HUTAMA, Fajar Surya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang baik dapat memberikan efek positif bagi hasil belajar siswa. Guru perlu menggunakan pendekatan, model, metode, atau media pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa dapat memenuhi harapan guru. Nilai minimal mata pelajaran matematika tidak tercapai oleh siswa kelas IV sebagai salah satu dampak pembelajaran satu arah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan media flipbook terhadap hasil belajar matematika pada keliling dan menghitung luas bangun datar. pada siswa kelas IV SDN 1 Karangsari Banyuwangi. Peneliti menggunakan eksperimen semu dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. Penelitian dilakukan di SDN 1 Karangsari Banyuwangi. Subyek penelitian adalah 48 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t dan analisis uji efektivitas relatif. Melalui hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,703 dengan taraf signifikansi 0,05%. Dikonsultasikan dengan ttabel = 2.012. Setelah itu dilakukan perhitungan uji keefektifan relatif diperoleh hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media flipbook lebih efektif sebesar 49,40%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika keliling dan hitung luas bangun datar di SDN 1 Karangsari Banyuwangi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116569
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository