“ Pengaruh Penerapan Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Percaya Diri Siswa Kelas 1 di SD Negeri 4 Sumberasri Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Terdapat permasalahan kepercayaan diri siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 4 Sumberasri Kabupaten Banyuwangi. Usia siswa yang bervariasi, mulai dari 5 sampai 8 tahun tampaknya menyebabkan kemampuan belajar siswa berbeda-beda. Ditambah dengan sistem pembelajaran yang kurang bervariasi, kepercayaan diri siswa menjadi kurang terasah. Siswa sering mencontek pada saat diberikan tugas mandiri oleh guru, tidak pernah mencoba sesuatu hal yang baru dan masih ada siswa yang takut untuk berpendapat pada saat kegiatan diskusi. Dari permasalahan kepercayaan diri tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji coba pengaruh teknik token terhadap tingkat kepercayaan diri sisiwa kelas 1 SDN 4 Sumberasri. Metode penelitian menerapkan metode penelitian praeksperimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest terhadap 16 siswa kelas 1 dan pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pretes adalah 48,83 dan postes 89,45 di mana hasil perhitungan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan taraf signifikansi 0,00 yang berarti ada pengaruh penerapan teknik token ekonomi terhadap tingkat kepercayaan diri siswa kelas 1 SDN 4 Sumberasri. Kelebihan dalam melaksanakan penelitian ini adalah konsistensi dalam melaksanakan sebuah pemberian perlakuan yang menjadikan siswa antusias berlomba-lomba dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui pengumpulan token bintang yang nantinya akan mendapatkan sebuah reward. Kelemahan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest karena jumlah sampel 16 siswa.