Pengaruh Profitabilitas, Good Corporate Governance, dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, good corporate governance, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman tahun 2016-2019. Variabel independen yang digunakan yaitu profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan corporate social responsibility. Variabel dependen yaitu nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan price to book value (PBV). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang memenuhi kriteria sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan corporate social responsibility berpengaruh posistif terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.