Perencanaan Trase Shortcut Stasiun Kertosono
Abstract
Pada Daerah Operasi 7 Madiun terdapat Stasiun Kertosono yang memiliki keunikan berupa percabangan arah yang menghubungkan 2 kota besar di Jawa Timur yaitu Kota Surabaya dan Kota Malang. Setiap harinya terdapat 8 perjalanan kereta api Rapih Dhoho yang melintasi kedua arah tersebut. Pada saat ini kereta api Rapih Dhoho berhenti di Stasiun Kertosono selama 30 menit dikarenakan harus mengubah arah perjalanan kereta api. Dengan adanya shortcut pada percabangan tersebut maka perjalanan kereta api yang melintasi kedua arah tersebut akan lebih efisien. Dalam perencanaan trase shortcut dilakukan tahapan seperti pemilihan trase, perencanaan geometrik jalan rel, dan perencanaan konstruksi jalan rel yang digunakan. Berdasarkan hasil perencanaan dihasilkan shortcut sepanjang 997 meter dengan desain kecepatan 70 km/jam dengan 2 tikungan yang masing-masing berjenis Spiral-Circle-Spiral (SCS) dan Full-Circle (FC). Konstruksi jalan rel mengacu pada spesifikasi kelas jalan rel 1 dengan lebar rel 1067 mm menggunakan tipe rel R54 dengan bantalan beton dan penambat tipe Pandrol.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [3934]