Kesalahan Penggunaan Kosakata Baku dan Kalimat Efektif pada Karangan Narasi Sejarah Siswa Kelas V SD Negeri 5 Genteng Banyuwangi
Abstract
Analisis Penggunaan Kosakata Baku dan Kalimat Efektif Pada Karangan Narasi Sejarah Siswa Kelas V SD Negeri 5 Genteng Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) bentuk kesalahan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif dalam menulis karangan narasi sejarah; 2) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 5 Genteng Banyuwangi telah melakukan beberapa kesalahan dalam menulis karangan. Kesalahan kosakata baku termasuk kategori kesalahan rendah dengan presentase 21,5%, sedangkan kesalahan penggunaan kalimat efektif termasuk kategori kesalahan sedang dengan presentase 33,3%. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam karangan narasi sejarah siswa, antara lain: memberikan tugas tambahan kepada siswa, mengadakan lomba – lomba, memberikan dorongan serta motivasi kepada siswa, membiasakan siswa untuk mengecek kembali hasil pengerjaan tugas, memberikan waktu kepada siswa untuk membaca buku pedoman bahasa baku ataupun kamus.