Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Group Investigation-Guided Inquiry (GI-GI) menggunakan Lift the Flap Book untuk Meningkatkan Truth-Seeking Siswa
Abstract
Berpikir kritis menjadi salah satu indikator pembelajaran yang perlu dikembangkan guna memenuhi standar pendidikan abad 21. Kompetensi pada berpikir kritis terbagi menjadi dua, yaitu kemampuan dan disposisi (perilaku). Disposisi berpikir kritis penting dikembangkan dalam pendidikan karena berkaitan dengan sikap kehati-hatian dan keselektifan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu komponen dalam disposisi berpikir kritis adalah truth-seeking atau perilaku pencarian kebenaran yang dapat ditingkatkan dengan pemberian Problems with Contradictory Information (PWCI). Pembiasaan tersebut dapat dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran berbasis penemuan dan terbimbing dengan proses berpikir secara inkuiri, salah satunya Group Investigation-Guided Inquiry (GI-GI) yang akan lebih efektif apabila menggunakan bahan ajar sebagai alat bantu transfer pengetahuan. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan penerapan model pembelajaran GI-GI guna meningkatkan truth-seeking siswa, diperlukan sebuah bahan ajar yang dapat dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Salah satu bentuk bahan ajar yang cocok diterapkan dalam pembelajaran menggunakan model GI-GI adalah lift the flap book. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 3-D yang terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Tujuan model pengembangan ini yaitu menghasilkan produk yang bernilai valid, praktis, dan efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan tingkat kevalidan tinggi, memenuhi kriteria praktis dengan tingkat kepraktisan baik, dan memenuhi kriteria efektif serta dapat meningkatkan truth-seeking siswa.