Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android pada Pembelajaran Sejarah menggunakan Software Construct 2 dengan Model 4D
Abstract
Kemajuan teknologi akan terus berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu dan pengetahuan. Adanya teknologi dan informasi mengharuskan manusia untuk dapat menyesuaikan diri dengan adanya perkembangan tersebut, kurikulum juga termasuk didalamnya. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang menerapkan pembelajaran intrakurikuler yang beraneka ragam, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu dalam mendalami konsep dan kompetensi sehingga guru dapat leluasa dalam memilih berbagai perangkat yang sesuai kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi berbasis android untuk digunakan dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bangorejo di Kelas X. Hasil angket validasi bahasa, media dan materi didapatkan nilai 3.8, 3.8, 3.8 yang menunjukkan game terebut layak digunakan tanpa revisi.