Teknik Persuasi pada Iklan "AQUA" dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teknik persuasi pada iklan AQUA dan pemanfaatannya sebagai alternatif pembelajaran menulis paragraf persuasi. Teknik persuasi memuat tiga komponen yaitu ethos, pathos, dan logos. Ketiga komponen ditelaah dalam iklan AQUA untuk temukan struktur mempersuasi khalayak, sehingga bisa digunakan dalam proses pembelajaran yaitu menulis paragraf persuasi. Data yang digunakan dalan kajian ini adalah bahasa lisan dan tulis, gambar, dan gesture model iklan yang terdapat pada video iklan AQUA. Sumber data yang digunakan dalam kajian ini yakni video iklan yang didapat dari kanal Youtobe “SehatAQUA”. Hasil penelitian ini memuat Ethos, Pathos, dan Logos yang terdapat pada iklan AQUA yakni sebagai berikut. Ethos dalan iklan AQUA yakni kreadibilitas yang merujuk pada gesture, model, intonasi, dan nada penyampaian komunikator. Pathos dalam iklan AQUA berupa upaya dalam mengendalikan emosional dan perasaan pendengar. Logos dalam iklan AQUA memuat penggunaan bahasa, sistematika atau urutan cerita dalam beriklan, dan gaya komunikasi. Dengan adanya pemenuhan komponen-komponen tersebut, struktur persuasi dalam iklan “AQUA” mencakup pengendalian isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali. Oleh karena itu, temuan dalam Iklan AQUA dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran terkait bagaimana cara menulis paragraf persuasi.