• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Case Method Disertai Media Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Smp pada Materi Kalor

    Thumbnail
    View/Open
    doc (1).pdf (2.550Mb)
    doc (1).pdf (2.550Mb)
    Date
    2023-01-06
    Author
    BERLIANA, Denisya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Case Method Disertai Media Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Kalor; Denisya Berliana, 190210102073; 2022: 66 halaman; Program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Berdasarkan literatur didapatkan informasi bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Indonesia masih tergolong rendah. Berpikir kritis penting dikembangkan karena dapat meningkatkan kualitas pemikiran bagi seorang individu untuk terampil menganalisis, menilai, dan merekonstruksi apa yang dipikirkannya untuk memecahkan masalah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu permasalahan pendidikan nasional yang perlu untuk segera ditangani agar kualitas peserta didik Indonesia tidak semakin tertinggal dari negara lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa adalah metode dan media pembelajaran yang kurang mampu memfasilitasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mendapatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sesuai dengan kriteria yang diinginkan adalah dengan menggunakan metode kasus (case method) disertai media visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kasus (case method) disertai media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjenis eksperimen dan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Silo kelas VII semester gasal tahun 2022/2023. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan purposive sampling area dimana daerah yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu SMP Negeri 2 Silo menjadi tempat kegiatan kampus mengajar 4 yang telah menerapkan kurikulum 2013 serta belum pernah diadakan penelitian dengan judul yang sama di sekolah tersebut. Sampel penelitian pada penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Data yang telah didapatkan dianalisis dengan menggunakan SPSS 26 dengan uji normalitas dan uji statistik untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan yang telah diberikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Analisis data yang sudah diuji normalitas diperoleh hasil signifikan maka dianalisis menggunakan independent sample t-test sedangkan untuk hasil yang tidak signifikan maka dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U test. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U Test diperoleh nilai sig (2 –tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada pedoman statistik, nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian terbukti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig (2 –tailed) 0,018. Sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada pedoman statistik, nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian terbukti terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data di atas, didapatkan suatu kesimpulan yang menyatakan hubungan antar variabel yang diteliti. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan case method disertai media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP pada materi kalor.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116422
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository