Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Nonfiksi Tema 7 Subtema 1 pada Peserta Didik Kelas Iv B SDN Jember Kidul 04
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan keefektifan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal Jember untuk meningkatkan keterampilan menulis teks nonfiksi tema 7 subtema 1 pada peserta didik kelas IV B SDN Jember Kidul 04. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara LKPD yang digunakan masih kurang menarik dan tidak berbasis kearifan lokal sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall. Metode pengumpulan ini menggunakan 3 metode yaitu teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, tes hasil belajar, dan angket sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tiga yaitu lembar validasi, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil uji validitas LKPD berbasis kearifan lokal Jember untuk meningkatkan keterampilan menulis teks nonfiksi berdasarkan penilaian dari ketiga validator ahli rata-rata kevalidan sebesar 95,47% dengan kriteria sangat valid. Serta, Hasil uji efektivitas LKPD berbasis kearifan lokal Jember untuk meningkatkan keterampilan menulis teks nonfiksi didapatkan dari tes hasil belajar dan respon peserta didik. Tes hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik IV B SDN Jember Kidul 04 mendaparkan hasil sebesar 93,33% dengan kriteria sangat efektif. Hasil respon dari peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan ini memperoleh hasil respon sebesar 90,4%.