Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Sway pada Materi Termodinamika terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Kegiatan pembelajaran kembali diadakan dengan tatap muka setelah 2 tahun
pembelajaran dilakukan secara online karena adanya pandemi. Kembalinya sistem
pembelajaran secara tatap muka pasca pandemi bukan berarti kembali seperti dulu
yang mana pendidik dan peserta didik kurang memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran pada abad
21 menekankan pada pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan sehingga
peserta didik dan pendidik dituntut untuk memiliki pengetahuan teknologi
informasi dan komunikasi. Media pembelajaran interaktif fisika dapat
menggambarkan berbagai konsep abstrak fisika serta konsep-konsep fisika yang
sulit dipahami peserta didik dengan berbagai multimedia yang dapat dimasukkan
pada media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji
pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway pada materi
termodinamika terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dan untuk mendeskripsikan
respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis
Microsoft Sway pada materi termodinamika dalam pembelajaran fisika SMA.
Penelitian dilakukan di SMAN 4 Jember pada semester ganjil tahun ajaran
2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian True-Eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Posttest-
only control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas
XI IPA dengan penentuan sampel dengan Random Sampling menggunakan uji
homogenitas terhadap populasi. Hasil penentuan sampling didapatkan kelas XI IPA
5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Data hasil
belajar didapatkan dari hasil Posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sedangkan data respon siswa didapatkan dari penyebaran angket menggunakan Google Form. Data hasil belajar diolah menggunakan Uji Mann Whitney U-Test
berbantuan SPSS 23. Uji Mann Whitney U-Test dilakukan karena hasil uji
normalitas yang dilakukan pada data hasil belajar fisika siswa tidak normal
sehingga tidak dapat dilakukan uji parametrik. Data respon diolah menggunakan
Microsoft Excel dan kemudian dideskripsikan sesuai dengan hasil analisis.
Hasil Posttest pada kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 60,61 dan
pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 83,33. Nilai hasil belajar pada
kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hal tersebut
dikarenakan perlakuan yang berbeda yang dilakukan pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran interaktif
berbasis Microsoft Sway dalam pembelajarannya. Sedangkan pada kelas kontrol
tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway dalam
pembelajarannya. Hasil analisis data hasil belajar menghasilkan nilai Sig. (2-tailed)
0,000 yang berarti nilai Sig.< 0,05, nilai tersebut menyatakan bahwa Ho ditolak
sehingga Ha diterima. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang
signifikan pada hasil belajar peserta didik di kelas kontrol dan hasil belajar peserta
didik di kelas eksperimen. Hasil data respon siswa terhadap penggunaan media
pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway diperoleh dari penyebaran angket
respon yang berisi 14 pernyataan positif dan negatif. Hasil analisis data respon
siswa menggunakan Microsoft Excel didapatkan hasil persentase rata-rata skor
sebesar 85,4%. Hasil persentase tersebut termasuk pada kategori sangat positif.
Kesimpulan dari hasil analisis respon siswa yaitu penggunaan media pembelajaran
interaktif berbasis Microsoft Sway pada pembelajaran fisika mendapatkan respon
yang sangat positif dari siswa.
Kesimpulan dapat diambil dari hasil analisis data yang sesuai dengan
rumusan masalah pada penelitian ini. Kesimpulan dari hasil analisis data hasil
belajar fisika siswa yaitu ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif
berbasis Microsoft Sway terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Hasil analisis
respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis
Microsoft Sway pada pembelajaran fisika mendapatkan respon yang sangat positif.