Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Termodinamika
Abstract
Pendidikan era digital merupakan era ketika semua aspek dalam proses pembelajaran akan memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran untuk membentuk kegiatan pembelajaran yang interaktif. Fisika merupakan salah satu ilmu yang mendasari adanya perkembangan teknologi peralatan yang digunakan oleh manusia. Materi fisika sangat beragam, salah satunya materi yang kurang dipahami siswa adalah materi termodinamika, karena materi termodinamika banyak membuat siswa mengalami kesalahan konsep yang menyebabkan siswa kurang minat untuk belajar dan lemah dalam pemahaman konsep dan berimbas pada kesalahan ketika menjawab soal sehingga diperlukan suatu media pembelajaran dalam kelas salah satunya media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3, karena media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar fisika siswa juga akan mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 terhadap minat belajar siswa dan hasil belajar fisika siswa.
Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas kontrol dilakukan kegiatan pembelajaran seperti biasa yang dilakukan oleh guru dengan berbantuan media PowerPoint. Sedangkan, pada kelas eksperimen dilakukan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Media Articulate Storyline 3 yang digunakan adalah media pembelajaran interaktif yang disusun sendiri oleh peneliti dan dilakukan validasi terhadap 3 validator ahli. Hasil validasi media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 yang dilakukan oleh ketiga validator adalah media dapat digunakan tanpa perbaikan, sehingga media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 layak digunakan dan diterapkan dalam penelitian. Nilai dari hasil belajar diketahui dengan pemberian soal posttest, sedangkan untuk mengkaji minat belajar dilakukan dengan menyebarkan angket dengan total 20 pernyataan yang mengacu pada 4 indikator minat belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas Kormogolov-Smirnov dan uji hipotesis dengan menggunakan jenis uji Mann-Whitney U-Test dengan berbantuan SPSS 23.
Hasil analisis yang pertama terkait uji normalitas diperoleh hasil bahwa pada minat belajar maupun pada hasil belajar bahwa nilai yang dianalisis tersebut tidak terdistribusi secara normal karena nilai sig < 0,05. Hasil analisis yang kedua terkait uji hipotesis diperoleh pada minat belajar didapatkan data bahwa nilai signifikan yang diperoleh 0,001 sedangkan pada hasil belajar nilai signifikan yang diperoleh 0,015. Sesuai dengan ketentuan yang ada, apabila nilai sig < 0,05 maka dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. H0 didefisikan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 terhadap minat belajar maupun hasil belajar, sedangkan Ha didefinisikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 terhadap minat belajar maupun hasil belajar. Sehingga dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 terhadap minat belajar fisika siswa dan hasil belajar fisika siswa.