• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA

    Thumbnail
    View/Open
    87_01.pdf (12.22Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Hendri Hadi Bowo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penentuan strategi pemasaran berdasar Analisis SWOT diperoleh dengan menentukan faktor-faktor kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), serta ancaman (threats) yang dimiliki dan dihadapi oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi KUD “SATU” Pacitan serta menentukan formulasi strategi pemasaran yang tepat bagi KUD “SATU” Pacitan. Penelitian ini dilakukan di KUD “SATU” Pacitan pada unit simpan pinjam di Jalan Ki Ageng Petung nomor 7 Pacitan, pada bulan April dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Variabel-variabel yang diteliti adalah faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki oleh Unit Simpan Pinjam KUD “SATU” Pacitan dengan menggunakan tabel IFAS dan EFAS yang kemudian ditentukan posisi unit simpan pinjam melalui IE Matrik. Kemudian dilanjutkan dengan penentuan alternatif strategi melalui Matriks SWOT. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Unit Simpan Pinjam KUD “SATU” Pacitan berdasarkan IE Matrik berada pada kuadran V dengan nilai IFAS sebesar 2,729 dan nilai EFAS sebesar 2,5677 yang berarti unit simpan pinjam dalam posisi pertumbuhan dan stabilitas, dimana usaha yang dapat dilakukan adalah dengan cara meminimalkan biaya (minimize cost) sehingga dapat meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) serta menghindari kehilangan penjualan/pendapatan dan kehilangan Sisa Hasil Usaha (SHU). Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah diperoleh faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman perusahaan sehingga dapat diketahui strategi yang dapat diterapkan unit simpan pinjam melalui Matriks SWOT yaitu menciptakan produk yang berbeda dengan koperasi lain, mempertahankan kebijakan harga (bunga pinjaman), mengadakan promosi di media dan memberikan hadiah undian bagi nasabah, membenahi pos pelayanan, mempermudah proses pencairan kredit, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan memperbaiki fasilitas kerja.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11632
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository