Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Sharing Task dan Jumping Task Materi SPLDV Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing-Intuition
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sangat penting untuk dimiliki di era sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan sharing task (ST) dan jumping task (JT) materi SPLDV ditinjau dari tipe kepribadian Sensing-Intuition. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan 4 subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIID SMPN 1 Jember yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh dalam menyelesaikan ST, siswa Sensing memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi dan memenuhi semua indikator FRISCO dengan baik. Sedangkan siswa Intuition memiliki kemampuan berpikir kritis sedang-tinggi dan memenuhi keempat indikator Focus, Reason, Inference dan Situation dengan baik. Siswa Intuition kurang memenuhi indikator Clarity dan tidak memenuhi indikator Overview. Dalam menyelesaikan JT, siswa Sensing memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi dan memenuhi kelima indikator Focus, Reason, Inference ,Situation dan Clarity dengan baik. Siswa Sensing tidak memenuhi indikator overview. Sedangkan siswa Intuition memiliki kemampuan berpikir kritis rendah-sedang dan memenuhi indikator Focus dengan baik. Siswa Intuition kurang memenuhi indikator Reason, Inference dan Situation dengan baik serta tidak memenuhi kedua indikator Clarity dan Overview.