Show simple item record

dc.contributor.authorSUPENO, Supeno
dc.contributor.authorANINNAS, Afina
dc.contributor.authorSUPENO, Supeno
dc.contributor.authorWICAKSONO, Iwan
dc.date.accessioned2023-05-19T07:40:25Z
dc.date.available2023-05-19T07:40:25Z
dc.date.issued2022-12-30
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116245
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kreativitas ilmiah siswa setelah pembelajaran menggunakan video fenomena alam pada materi lapisan bumi serta pengaruhnya terhadap kreativitas ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menerapkan desain penelitian eksperimen quasi dengan rancangan nonequivalent control-group design. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas ilmiah yang hasilnya dianalisis menggunakan uji N-Gain dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh peningkatan kreativitas ilmiah pada kelas eksperimen dalam kategori sedang dan pada kelas kontrol dalam kategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai hitung 0,00 < 0,05, artinya nilai rata-rata kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pemanfaatan video fenomena alam dalam pembelajaran IPA materi lapisan bumi dapat meningkatkan kreativitas ilmiah siswa dalam kategori sedang serta berpengaruh signifikan terhadap kreativitas ilmiah siswa MTs.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Matematika dan Sainsen_US
dc.subjectFenomena Alamen_US
dc.subjectKreativitasen_US
dc.subjectPemanfaatanen_US
dc.titlePengaruh Pemanfaatan Video Fenomena Alam dalam Pembelajaran IPA Materi Lapisan Bumi terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa MTsen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record