Show simple item record

dc.contributor.authorSULASTRI, Endang
dc.contributor.authorSUPENO, Supeno
dc.contributor.authorSULISTYOWATI, Lilik
dc.date.accessioned2023-05-19T07:31:35Z
dc.date.available2023-05-19T07:31:35Z
dc.date.issued2022-12-30
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116243
dc.description.abstractKeterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan untuk mengkreasi daya pikir agar mendapatkan gagasan baru sehingga mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Keterampilan berpikir kreatif mencakup aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif akan mampu menemukan ide-ide baru, memiliki pola pikir kreatif, memiliki daya tangkap lebih baik, kualitas jawaban yang baik, dan kemampuan kognitif yang baik. Walaupun keterampilan berpikir kreatif sangat dibutuhkan oleh siswa, namun beberapa fakta menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa masih rendah, khususnya pada aspek, flexibility, originality, dan elaboration. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model problem-based learning dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada tiga sekolah dasar selama tiga kali pertemuan dengan menerapkan sintakmatik model problem-based learning. Sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, siswa diberikan sebuah tes untuk mengukur ketecapaian keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada dua sekolah mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi pada semua aspek. Sedangkan pada satu sekolah lainnya, mengalami peningkatan dengan kriteria sedang pada aspek orisinality dan kriteria tinggi pada aspek fluency, flexibility, dan elaboration. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa model problem-based learning efektif diimplementasikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectketerampilan berpikir kreatifen_US
dc.subjectproblem-based learningen_US
dc.subjectpembelajaran IPAen_US
dc.subjectsiswa SDen_US
dc.titleImplementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record