Show simple item record

dc.contributor.authorSUPENO, Supeno
dc.contributor.authorFAURISIAWATI, Mieke
dc.contributor.authorSUPARTI
dc.date.accessioned2023-05-19T07:28:47Z
dc.date.available2023-05-19T07:28:47Z
dc.date.issued2022-12-30
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116242
dc.description.abstractKeterampilan menulis merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa yang salah satunya dapat diwujudkan dalam bentuk laporan setelah melakukan praktikum. Siswa yang terbiasa menulis laporan akan mampu menghubungkan hasil penyelidikan dan memberikan argumen sehingga melatih siswa untuk berpikir kritis. Walaupun keterampilan menulis memiliki banyak manfaat bagi siswa, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa untuk menyusun laporan praktikum banyak hambatan yang ditemui. Dalam penelitian ini dicobakan implementasi model project-based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan praktikum dalam pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar. Pembelajaran dilaksanakan selama tiga kali pertemuan di tiga kelas paralel. Selama proses pembelajaran, siswa melakukan praktikum IPA tentang rangkaian listrik sederhana dan hasil praktikumnya ditulis dalam bentuk laporan. Keterampilan menulis yang dinilai meliputi aspek konten dan aspek presentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis laporan praktikum siswa mengalami peningkatan dari pertemuan satu sampai pertemuan tiga, baik untuk aspek konten maupun aspek presentasi. Keterampilan menulis laporan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 meningkat dalam kategori sedang, dan pertemuan 2 ke pertemuan 3 meningkat dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa implementasi model project-based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan praktikum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectketerampilan menulisen_US
dc.subjectproject-based learningen_US
dc.subjectpembelajaran IPAen_US
dc.subjectsiswa SDen_US
dc.titleKeterampilan Menulis Laporan Praktikum Siswa SD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Project-Based Learningen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record