dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas, efektivitas pembelajaran IPA, dan respon siswa terhadap LKS berbasis Engineering Design Process (EDP) pada topik pemanasan global dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Preliminary Research (Tahap Awal), Prototyping Phase (Tahap Perancangan), dan Assessment Phase (Tahap Penilaian). Subjek dalam penelitian ini meliputi ahli media, ahli materi, dan 30 siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Purwoharjo. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas serta respon siswa yaitu lembar angket dan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan lembar tes pada penilaian ranah pengetahuan dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penilaian ranah keterampilan menggunakan non tes berupa lembar desain. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji N-gain, dan uji korelasi. Hasil analisis validitas dinyatakan valid oleh ahli media dengan persentase 83,75% dan ahli materi sebesar 86,44% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis tes bahwa LKS EDP dapat dinyatakan efektif dalam pembelajaran IPA dengan skor N-Gain tertinggi 0,83. Hasil analisis respon siswa dinyatakan sangat positif dengan persentase rata-rata 85,42%. | en_US |