dc.description.abstract | Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan
reproduksi anak usia dini mempengaruhinya di PAUD Terpadu Binaan SKB Bondowoso.
Subjek Penelitian dilakukan terhadap 6 orang tua anak usia dini yang memiliki anak usia 2-
4 tahun dan 2 informan, yaitu pendidik anak usia dini dan tokoh masyarakat. Penelitian ini
mengunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pelaksanaan
pendidikan KesPro AUD dipengaruhi oleh 10 patokan penmas yaitu warga belajar, ragi
belajar, sumber belajar, paguyuban kegiatan, pamong belajar, tempat belajar, sarana
belajar, dana belajar, program belajar, dan hasil belajar. Sehingga disimpulkan pelaksanaan
kegiatan pada pendidikan KesPro anak usia dini di PAUD Terpadu Binaan SKB Bondowoso
belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Faktor menghambat jalannya pelaksanaan
kegiatan tutorial, yaitu (a) oang tua dari warga belajar sulit membagi waktu untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran anaknya dengan pekerjaan, dan (b) Keterbatasan
informasi dan pengetahuan penyelenggara dan bunda tentang pelaksanaan kegiatan
pembelajaran KesPro anak usia dini sehingga diperlukan adanya pelatihan ataupun arahan
dari pihak yang terkait | en_US |