Pengambangan Flipbook Modul Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP
Abstract
Literasi sains merupakan kunci yang tepat untuk melawan suatu tantangan abad ke 21, hal ini dikarenakan literasi sains dapat bermanfaat untuk menanggulangi masalah yang terdapat di lingkungan sekitar menggunakan cara dengan menghasilkan produk-produk yang bermanfaat. Tujuan penelitian ini yakni mengkaji validitas, kepraktisan dan efektivitas flipbook modul berbasis engineering design process (EDP). Adapun jenis dan desain penelitian ini yaitu termasuk jenis penelitian pengembangan yang nantinya akan mendapatkan produk baru yang sudah dikembangkan dengan menggunakan desain penelitian Plomp yang terdiri dari 3 langkah yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary research), tahap pembuatan prototipe (Prototyping stage), dan fase penilaian (Assessment phase). Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Panti pada kelas VII B sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes literasi sains dan wawancara. Hasil analisis validitas memiliki presentase 90% dengan kategori sangat valid, analisis kepraktisan memperoleh rata-rata presentase 94% sangat praktis, analisis efektivitas memproleh hasil analisis n-gain sebesar 0,68 cukup efektif dan respon siswa terhadap flipbook modul masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 72%. Hasil ini menunjukan pembelajaran menggunakan flipbook modul berbasis EDP dapat meningkatkan literasi sains siswa SMP karena kemampuan literasi sains mengalami peningkatan setelah siswa mengikuti pembelajaran secara aktif