dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dengan
menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan pengembangan yang dilakukan antara lain: 1) define
(pendefinisian), 2) design (perancangan), dan 3) development (pengembangan) tanpa disseminate
(penyebaran). Validasi dianalisis berdasarkan validitas konstruk dan validitas isi dari 3 validator.
Kepraktisan dianalisis dari hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran dari 3 observer. Keefektifan
dianalisis berdasarkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan angket respon. E-LKPD berbasis
inkuiri terbimbing yang dikembangkan diuji terbatas pada 16 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa
E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dibuat memperoleh persentase validitas 86,9% dengan
kriteria sangat valid, skor kepraktisan 3,47 dengan keterangan terlaksana dengan jelas, dan keefektifan
berdasarkan uji N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan angket respon sebesar 94,26% dengan
kategori sangat baik. | en_US |