Show simple item record

dc.contributor.authorDEVI, Romadhona Millenia
dc.contributor.authorBUDIARSO, Aris Singgih
dc.contributor.authorWAHYUNI, Sri
dc.date.accessioned2023-05-09T07:21:37Z
dc.date.available2023-05-09T07:21:37Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115964
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan pengembangan yang dilakukan antara lain: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), dan 3) development (pengembangan) tanpa disseminate (penyebaran). Validasi dianalisis berdasarkan validitas konstruk dan validitas isi dari 3 validator. Kepraktisan dianalisis dari hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran dari 3 observer. Keefektifan dianalisis berdasarkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan angket respon. E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan diuji terbatas pada 16 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dibuat memperoleh persentase validitas 86,9% dengan kriteria sangat valid, skor kepraktisan 3,47 dengan keterangan terlaksana dengan jelas, dan keefektifan berdasarkan uji N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan angket respon sebesar 94,26% dengan kategori sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Eduscienceen_US
dc.subjectMODEL PENGEMBANGAN 4-Den_US
dc.subjectE-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBINGen_US
dc.titlePengembangan E-Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record