Show simple item record

dc.contributor.authorNURYAH, Dian Fajar
dc.contributor.authorNUHA, Ulin
dc.contributor.authorWAHYUNI, Sri
dc.date.accessioned2023-05-09T07:13:32Z
dc.date.available2023-05-09T07:13:32Z
dc.date.issued2022-07-01
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115957
dc.description.abstractKeterampilan proses sains merupakan keterampilan untuk mempelajari fenomena alam untuk memperoleh dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Siswa yang memiliki keterampilan proses sains akan dapat memecahkan masalah, membentuk konsep, dan mampu mengembangkan kreativitas. Hasil penelitian sebelumnnya menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA masih rendah. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti kurangnya bahan ajar untuk digunakan agar keterampilan proses sains meningkat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis potensi lokal De Djawatan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan pada model ADDIE, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Hasi penelitian menunjukkan bahwa e modul berbasis potensi lokal termasuk ke dalam kriteria: (1) valid dengan nilai sebesar 85%; (2) sangat praktis dengan nilai 89,2%; dan (3) efektif dengan kategori peningkatan sedang. Siswa menunjukkan respon positif dengan persentase 86%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pendidikan MIPAen_US
dc.subjectE-MODUL BERBASIS POTENSI LOKALen_US
dc.subjectMODEL ADDIEen_US
dc.titleThe Development of De Djawatan Local Potential-Based E-Module for Science Learning to Improve Science Process Skills of Junior High School Studentsen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record