dc.description.abstract | Keterampilan proses sains merupakan keterampilan untuk mempelajari fenomena
alam untuk memperoleh dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Siswa yang
memiliki keterampilan proses sains akan dapat memecahkan masalah,
membentuk konsep, dan mampu mengembangkan kreativitas. Hasil penelitian
sebelumnnya menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada pembelajaran
IPA masih rendah. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti kurangnya
bahan ajar untuk digunakan agar keterampilan proses sains meningkat. Penelitian
ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis potensi lokal De Djawatan yang
valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan pada model ADDIE, yaitu analyze,
design, develop, implement, dan evaluate. Hasi penelitian menunjukkan bahwa e modul berbasis potensi lokal termasuk ke dalam kriteria: (1) valid dengan nilai
sebesar 85%; (2) sangat praktis dengan nilai 89,2%; dan (3) efektif dengan
kategori peningkatan sedang. Siswa menunjukkan respon positif dengan
persentase 86%. | en_US |