dc.description.abstract | Pengembangan e-LKPD berbantuan flip PDF professional digunakan untuk
mengembangkan HOTS siswa di pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu
mengembangkan e-LKPD berbantuan flip PDF professional yang valid, praktis, dan
efektif. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan model
ADDIE yang dimulai dari tahap analyze, design, develop, implement, dan evaluate.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari
beberapa validator menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan memperoleh
rata-rata skor presentase 93% dengan kategori sangat valid dan baik untuk
digunakan. Hasil kepraktisan dalam penggunaan e-LKPD saat pembelajaran
diperoleh presentase 88,7% dengan kategori baik. Dalam mengetahui peningkatan
HOTS siswa, dilakukan uji N-Gain dan diperoleh nilai 0,65 dengan kriteria sedang
yang berarti e-LKPD berbantuan flip PDF professional cukup efektif untuk
meningkatkan HOTS siswa. Hasil respon siswa terhadap penggunaan e-LKPD yang
dikembangkan menunjukkan rata-rata skor presentase 58,94%. Berdasarkan hasil
analisis yang didapat maka e-LKPD berbantuan flip PDF professional pada
pelajaran IPA untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills siswa layak
digunakan. | en_US |