Inovasi Produk Bawang Goreng pada CV Dua Putri Sholehah di Kabupaten Probolinggo
Abstract
Usaha bisnis di Kabupaten Probolinggo khususnya pada produk bawang goreng sedang mengalami perkembangan yang pesat. Inovasi menjadi salah satu cara perusahaan agar menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian. Persaingan usaha sejenis membuat CV Dua Putri Sholehah terus melakukan inovasi produk agar produknya tetap menjadi pilihan konsumen dan dapat meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan inovasi produk bawang goreng pada CV Dua Putri Sholehah di Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini meliputi penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh CV Dua Putri Sholehah terhadap produk bawang gorengnya yaitu inovasi berbasis modulasi, inovasi berbasis ukuran, inovasi berbasis kemasan, inovasi berbasis desain dan inovasi berbasis bahan komplementer. Adanya inovasi tersebut dapat mendorong CV Dua Putri Sholehah untuk tetap bertahan dan bersaing dengan perusahaan sejenis.