Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran terhadap Critical Thinking, Communication Skill, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma di Kawasan Perkebunan Kopi
Abstract
Kabupaten Jember adalah satu daerah produsen yang mampu
memproduksi 2.369 ton kopi pada tahun 2020. Namun untuk pengembangan
produksi kopi kabupaten Jember terkendala dari aspek kualitas sumber daya
manusia (SDM). Guna mempersiapkan penerus budidaya kopi berkualitas tinggi
maka salah satu bentuk upaya yang dilakukan dapat melalui sistem Pendidikan.
Pada abad 21, siswa diharapkan mampu memiliki keterampilan Critical thinking
and Problem solving, Creativity and innovation, Communication, dan
Collaborative. Namun berbagai permasalahan pendidikan banyak muncul seperti
kurangnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan siswa pasif sehingga
kemampuan critical thinking tidak terlatih, Kurangnya interaksi siswa dalam
pembelajaran daring yang diterapkan, sehingga communication skill siswa jarang
digunakan, dan hasil belajar yang semakin menurun karena pembelajaran tidak
berjalan secara efektif. Upaya pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi
masalah tersebut yaitu dengan cara menciptakan kegiatan belajar yang efektif.
Contohnya dengan penggunaan sebuah model belajar yang bervariasi untuk
menarik minat siswa sehingga siswa akan dapat menyerap materi pembelajaran
yang diberikan dengan maksimal. Berdasarkan angket analisis kebutuhan guru
yang telah disebar di beberapa sekolah, didapatkan hasil yaitu 100% pembelajaran
biologi belum pernah memakai model active learning dengan tipe active
knowledge sharing.