Pengaruh Biaya Produksi Dan Bauran Pemasaran terhadap Pendapatan Usaha Petani Tembakau di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Biaya Produksi dan Bauran
Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pendapatan Usaha Petani Tembakau
di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso”. Faktor
Biaya Produksi dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan salah satu
faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan usaha. Semakin besar biaya produksi
yang dikeluarkan semakin besar juga pendapatan yang akan diterima, begitu juga
sebaliknya. Selain itu Bauran Pemasaran memiliki peranan penting dalam
meningkatkan pendapatan usaha. Semakin luas cakupan bauran pemasaran yang
dijalankan maka semakin meningkatkan pendapatan usaha.
Tujuan peneliti yaitu (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
secara parsial Biaya Produksi terhadap pendapatan usaha (2) Untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh secara parsial Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap
pendapatan usaha.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian de
skriptif, asosiatif dan pengaruh dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling
yang digunakan yaitu sampel acak sederhana. Sedangkan Teknik pengumpulan data
yaitu wawancara dan kuesioner. Adapun analisis data yaitu regresi linier berganda
menggunakan SPSS version 22.
Berdasarkan hasil kuesioner yang diolah menggunakan SPSS version 22
menyimpulkan bahwa secara parsial biaya produksi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pendapatan usaha petani tembakau di Desa Sumber Canting
terlihat dari nilai sig. Regression Residual untuk X1 Biaya Produksi terhadap Y
Pendapatan Usaha sebesar 0,000<0,05 sedangkan nilai t hitung sebesar 30,522 dan
t tabel sebesar 2,0195 artinya t hitung>t tabel.
Secara parsial Bauran Pemasaran tidak berpengaruh terhadap pendapatan
usaha petani tembakau di Desa Sumber Canting terlihat dari nilai sig. Regression
Residual untuk X2 Bauran Pemasaran terhadap Y Pendapatan Usaha sebesar 0,898
> 0,05 sedangkan nilai t hitung sebesar 0,130 dan t tabel sebesar 2,0195 artinya t
hitung<t tabel. Akan tetapi Bauran Pemasaran memiliki peranan terhadap
peningkatan pendapatan usaha hal ini terlihat dari nilai mean untuk bauran
pemasaran hasil olah data SPSS sebesar 36,61 yang berarti memiliki kriteria
“Baik”.