Bentuk Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Pasar Kita dalam Upaya Kemandirian Ekonomi
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang Pemberdayaan Perempuan melalui ‘program pasar kita’. Secara
ekonomi, perempuan sangat rentan dan lemah dalam kemandirian ekonominya. Dengan kondisi
demikian, maka perempuan sangat membutuhkan ketrampilan agar mereka mampu berdaya dan dapat
memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Guna mendapatkan data yang dapat menjelaskan tujuan
tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, Informannya,
pengelola pasar kita da perempuan yang menjadi program tersebut. Sedangkan wawancara mendalam
digunakan untuk memperoleh data dari informan, baik informan pokok dan juga informan tambahan.
Selain itu, observasi dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan inforamasi atau data pelengkap
dari data utama yang dilakukan dengan wawancara.Analisisnya dilakukan deskriptif kualitatif agar
makna dibalik data tersebut dapat diungkapkan. Hasilnya,’ Pasar Kita’ merupakan UMKM, menjadi
media untuk mengimplementasikan pemberdayaan perempuan. Melalui berbagai pelatihan
ketrampilan dan pemberian modal kepada perempuan dapat berperan aktif dan kreatif dalam kegiatan
‘pasar kita’. Perempuan sebagai peserta mendapat peluang kerja dan penghasilan sehingga mampu
secara ekonomi dan mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka.