Perbandingan Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Metode Time Headway dan Regresi Linier dengan MKJI 1997 pada Simpang Bersinyal Mangli Kabupaten Jember
Abstract
Sebelum melakukan evaluasi kinerja lalu lintas suatu simpang diperlukan faktor konversi yaitu ekuivalensi mobil penumpang (emp). Nilai emp di Indonesia menggunakan MKJI 1997, dimana MKJI 1997 disusun pada tahun tersebut dan saat ini terdapat perubahan secara statistik pada jumlah kepemilikan kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan nilai emp lapangan dan selanjutnya dibandingkan dengan emp MKJI 1997. Nilai emp lapangan dianalisis menggunakan metode time headway dan regresi linier, dengan pengumpulan data secara primer pada simpang bersinyal Mangli Kabupaten Jember. Hasil analisa perbandingan nilai emp MKJI dan lapangan dengan metode time headway dan regresi linier diperoleh nilai emp time headway cenderung lebih besar dari pada MKJI 1997 dan regresi linier. Perbandingan nilai kinerja simpang Mangli menggunakan emp time headway, emp regresi linier, dan emp MKJI 1997 salah satunya dapat dilihat dari nilai tundaan. Nilai tundaan pada semua kaki simpang menggunakan EMP time headway lebih besar daripada EMP MKJI 1997 dan regresi linier.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [3934]