• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Nur latifa_skripsi.pdf (2.866Mb)
    Date
    2022-12-01
    Author
    LATIFA, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    pembelajaran yang akan digunakan, sehingga optimalisasinya dapat membantu pendidik mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan model pretest-posttest, non-equivalent control-group design. Sampel terdiri dari 72 peserta didik pada kelas XII MIPA 3 dan XII MIPA 4 di SMAN 4 Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian memperoleh : 1) hasil uji ANCOVA menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada data kemampuan berpikir kritis, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dan nilai dari partial eta squared sebesar 0,429 tergolong ada pengaruh yang besar penerapan model REACT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) hasil uji ANCOVA pada data hasil belajar menunjukkan nilai sig. 0,018< 0,05, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model REACT terhadap hasil belajar dan nilai partial eta squared sebesar 0,079 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model REACT terhadap hasil belajar peserta didik; Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan dengan menerapkan model REACT pada mata pelajaran sejarah; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang dibelajarkan dengan menerapkan model REACT pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi penelitian ini adala penerapan model REACT diharapkan memperhatikan manajemen waktu sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan dapat sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat, model REACT diharapkan menjadi referensi untuk meningkatkan pemahaman suatu konsep serta kemampuan berpikir kritis, melatih kreatifitas dan argumentasi, sehingga dapat juga mengoptimalkan hasil belajar yang lebih baik pada peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115782
    Collections

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository