• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Integratif Berbantuan Google Classroom terhadap Critical Thinking Skills Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Diayu Putri Permatasari_180210302076.pdf (3.090Mb)
    Diayu Putri Permatasari_180210302076.pdf (3.090Mb)
    Date
    2022-12-05
    Author
    PERMATASARI, Diayu Putri Permatasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Model Integratif berbantuan Google Classroom terhadap Critical Thinking Skills Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah; Diayu Putri Permatasari; 180210302076; 2022; xvi + 128 halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Pendidikan diharapkan membekali peserta didik dengan keterampilan abad-21 dan integrasi teknologi. Keterampilan tersebut meliputi communication, collaboration, critical thinking, dan creativity. Critical thinking skills urgent ditumbuhkan pada peserta didik di era digital saat ini. Namun, penelitian terdahulu masih menunjukkan rendahnya critical thinking skills peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Beberapa model pembelajaran secara teori dapat meningkatkan critical thinking skills peserta didik. Salah satu model yang relevan adalah model integratif (integrative learning). Penelitian terdahulu menunjukkan model integratif memfasilitasi peserta didik untuk aktif, berpikir kritis, pemecahan masalah dan meningkatkan pemahaman mereka sehingga dapat mengembangkan ranah kognitifnya. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengkonfirmasi pengaruh model integratif berbantuan google classroom terhadap critical thinking skills peserta didik pada mata pelajaran sejarah.Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model integratif berbantuan google classroom terhadap critical thinking skills peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan model integratif berbantuan google classroom terhadap critical thinking skills peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan model pretest-posttest, non-equivalent control-group design dan sampel sebanyak 66 orang dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 SMAN Ambulu. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes dan unjuk kerja sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan uji ANACOVA dan uji lanjut LSD (Least Significant Different) berbantuan software SPSS 25 for windows. Uji ANACOVA unjuk kerja kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti berpengaruh signifikan. Sementara Uji ANACOVA posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai sig. 0,002 < 0,05 yang berarti berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh signifikan critical thinking skills peserta didik yang dibelajarkan dengan model integratif dan model discovery learning. Uji LSD unjuk kerja hasil pretest dan posttest kelas kontrol memiliki nilai sig. 0,002 < 0,05. Sementara Uji LSD unjuk kerja pretest dengan posttest kelas eksperimen memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model integratif terhadap critical thinking skills peserta didik. Uji LSD pretest dan posttest kelas kontrol memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05. Sementara hasil uji LSD pretest dengan posttest kelas eksperimen memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model integratif terhadap critical thinking skills peserta didik. Hasil Uji LSD menunjukkan mean difference unjuk kerja kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar -3,606 dan -8,697. Sedangkan mean difference tes kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar -8,303 dan -12,303. Berdasarkan hasil Uji LSD, disimpulkan bahwa kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model integratif memiliki critical thinking skills lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning. Rekomendasi penelitian ini yakni model integratif berbantuan google classroom dapat menjadi referensi tambahan yang menarik untuk pembelajaran sejarah. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan baik dari segi materi maupun integrasi dengan media tertentu agar pembelajaran lebih bervariasi. Dengan begitu penelitian mengenai model integratif terus update, berkembang, dan dapat bermanfaat bagi pembelajaran sejarah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115781
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository