Show simple item record

dc.contributor.authorAWALIYAH, Dinda Siswi
dc.date.accessioned2023-05-03T07:18:52Z
dc.date.available2023-05-03T07:18:52Z
dc.date.issued2022-09-05
dc.identifier.nim172310101139en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115774
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 3 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBencana banjir merupakan bencana yang paling sering terjadi di dunia dan tak terkecuali Indonesia. Presentase kejadian bencana banjir di Indonesia sebesar 32% menurut BNPB. Kabupaten Jember khususnya Desa Kemiri menjadi salah satu daerah yang rawan banjir saat hujan deras datang. Anak-anak menjadi salah satu kelompok yang paling rentan dan paling sering menjadi korban saat bencana terjadi. Hal ini dapat terjadi karena masih rendahnya wawasan mengenai sikap yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah sikap kesiapsiagaan bencana pada anak-anak masih kurang bahkan belum ada. Untuk itu diperlukan pemberian informasi atau pendidikan kesehatan pada anak-anak terkait tindakan yang tepat yang harus diambil saat bencana yang disebut dengan kesiapsiagaan bencana. Kesiapsiagaan bencana merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi kejadian bencana melalui langkah yang tepat dan berdaya guna. Dengan memunculkan sikap kesiapsiagaan melalui pendidikan kesehatan pada anak diharapkan dapat meminimalisir korban yang jatuh saat bencana terjadi. Dalam memberikan pendidikan kesehatan, diperlukan media pembelajaran yang menarik untuk membantu pemateri mencapai keberhasilan proses pembelajaran salah satunya dengan media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Metode Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audiovisual Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Kemiri. Desain penelitian menggunakan Preexperimental designs dengan bentuk pendekatan One Group Pretest Posttes Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas 5 SDN 01 Kemiri sebanyak 20 responden. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data yaitu lembar karakteristik responden dan kuisioner kesiapsiagaan bencana banjir. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dengan signifikan 0,05 (α<0,05) untuk mengetahui pengaruh perlakuan pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian berdasarkan karakteristik responden pada penelitian ini dilihat dengan usia dan jenis kelamin. Karakteristik responden berdasarkan usia pada rentang 10-12 tahun, dengan usia paling banyak 11 tahun sebanyak 11 siswa (55%). Berdasarkan jenis kelamin paling banyak siswa perempuan dengan frekuensi 12 siswa (60%). Hasil pretest tingkat pengetahuan terkait kesiapsiagaan bencana menunjukkan bahwa siswa masih memiliki tingkat pengetahuan yang masih rendah. Distribusi kategori kesiapsiagaan bencana responden yaitu 7 siswa siap (35%), 7 siswa hampir siap (35%), dan 6 siswa kurang siap (30%). Hasil posttest tingkat pengetahuan kesiapsiaagn bencana pada siswa menunjukkan distribusi kategori sangat siap 5 siswa (25%), siap 5 siswa (25%), hampir siap 8 siswa (40%), dan kurang siap 2 siswa (10%). Hasil penelitian dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank mendapatkan hasil p-value sebesar 0,032 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audiovisual terhadap kesiapsiagaan bencana banjir siswa di kelas 5 SDN 01 Kemiri Jember. Melihat hasil analisis penelitian tersebut disimpulkan bahwa pemberian pendidikan kesehatan melalui media audiovisual merupakan metode yang efektif guna meningkatkan sikap dan pengetahuan kesiapsiagaan bencana banjir. Implikasi bagi keperawatn pada penelitian ini adalah dapat menggambarkan peran yang dilakukan oleh perawat sebagai tenaga pendidik atau edukator. Perawat dapat memanfaatkan media audiovisual seperti video yang menarik untuk memberikan pendidikan kesehatan terkait kesiapsiagaan bencana banjir. dengan adanya pemberian informasi mennggunakan metode pendidikan kesehatan pada anak-anak seperti siswa dapat memperoleh dan meningkatkan pengetahuan yang kemudian dapat diimplementasikan saat bencana terjadien_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Ns. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kep Dosen Pembimbing Anggota : Ns. Wantiyah, S.Kep., M.Kepen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectMETODE PENDIDIKAN KESEHATANen_US
dc.subjectMEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.subjectKESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIRen_US
dc.titleEfektivitas Metode Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audiovisual Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Kemiri Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Keperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kep.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ns. Wantiyah, S.Kep., M.Kep.en_US
dc.identifier.validatorKacung-12 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record