Mekanisme Kerjasama dengan Vendor di Event Organizer Paradigma Asia Surabaya
Abstract
Mekanisme Kerjasama dengan Vendor di Event Organizer ParadiGma
Asia Surabaya; Indra Ayu Prawidya Putri, 190903102027; 2019: 44 halaman;
Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Jurusan Ilmu Administrasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
Perkembangan dunia bisnis di Indonesia yang begitu pesat mendorong para
pelaku bisnis untuk terus berinovasi dalam mempertahankan bisnisnya agar tetap
berjalan dan dapat selalu memenuhi kebutuhan konsumen. Tantangan dan masalah
melakukan bisnis di era globalisasi tentu akan sangat kompleks. Berkembangnya
teknologi yang sejalan dengan penyesuaian masyarakat mengenai perkembangan
teknologi ini tentu sangat membantu masyarakat dalam banyak hal, termasuk dalam
bidang pariwisata. Peran teknologi yang telah berkembang pesat di lingkungan
masyarakat tentu dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi sektor pariwisata
dengan sangat mudah. Adapun beberapa faktor yang membuat produk dari sebuah
perusahaan memiliki branding, salah satunya adalah dengan jasa event organizer
yang digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya. Prinsip dari
event organizer adalah membantu client menyelnggarakan acara yang telah
direncanakan.
CV. ParadiGma Asia dalam melakukan kerjasama dengan vendor ada
beberapa tahapan – tahapan antara lain : Intention, ParadiGma Asia menentukan
tujuan kerja sama dengan vendor dan menjelaskan kepada client terkait jasa event
organizer dalam menyelenggarakan sebuah acara yang diinginkan. Pada tahapan
ini ParadiGma memperkenalkan profil perusahaan vendor yang akan dilakukan
kerjasama untuk mengetahui layak atau tidaknya untuk mengikuti acara event.
ParadiGma Asia menentukan ide atau rencana event dari client yang akan
melaksanakan kepada vendor yang dipilih. Apabila sudah cocok terkait pengenalan
dan penawaran dengan pihak vendor, ParadiGma Asia akan melakukan proses
negosisasi. Negotiation, Proses negosiasi dalam sebuah acara sangat penting,
karena pada negosiasi tersebut merupakan kesepakatan kedua pihak. ParadiGma
ix
Asia meminta penawaran lebih spesifikasi kepada vendor terkait harga barang atau
jasa yang disediakan. Selanjutnya, ParadiGma Asia menyampaikan harga
penawaran kepada client disebuah acara event. Apabila sudah sepakat, maka
ParadiGma Asia menghubungi vendor yang bersangkutan untuk dilakukan proses
kerjasama dan pembagian keuntungan dari sebuah event. Initial Acceptance,pada
tahap ini ParadiGma Asia membuat proposal yang berisikan kreatif konsep dan
rancangan anggaran biaya untuk project tersebut. ParadiGma Asia juga
menanyakan kepada client terkait berapa budget yang disediakan, agar dapat sesuai
dalam memenuhi kreatif konsep. Agreement Onterm, Pada tahapan ini adalah
jangka waktu untuk menentukan berlakunya kerjasama yang dimulai sejak tanggal
perjanjian ditandangani oleh kedua pihak. Beberapa perjanjian yang disepakati oleh
ParadiGma Asia kepada vendor seperti : jangka waktu kerjasama tergantung berapa
lamanya program atau event tersebut (1 minggu. 1 bulan, 2 bulan), waktu
pembayaran (untuk menentukan DP dan pelunasan), seluruh hak dan kewajiban
dari tiap pihak (Client maupun Event Organizer). Signing, setelah beberapa tahapan
diatas yang telah disepakti maka kedua pihak dengan vendor memandatangani
kerjasama yang telah disepakati dan bermaterai.