Strategi Reposisi Gudang (Studi pada Pt. Pupuk Indonesia Holding Company (Persero))
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mejelaskan mengenai strategi reposisi gudang yang terjadi Pada PT Pupuk Indonesia melalui anak perusahaan yang tersebar melalui bagian gudang lini 3 (tiga). Proses strategi reposisi gudang sendiri terbentuk dari adanya jumlah pengelolaan gudang yang cukup banyak dan tersebar dengan pola permintaan yang berbeda-beda selain itu, terdapat potensi kerugian serta nilai utilisasi gudang rendah, sehingga perusahaan berupaya melakukan mitigasi risiko dan merancang startegi untuk mengaktifkan kembali keseimbangan gudang melalui analisis, koordinasi kepada anak perusahaan. Kebutuhan reposisi muncul karena alokasi dan rayon, hal ini yang menentukan jatah pupuk subsidi serta lokasi gudang yang menjadi tempat penyimpanan pupuk. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi adanya reposisi yakni terdapat pola permintaan, lokasi dan kapasitas gudang yang menjadi celah untuk dilakukanya reposisi gudang sendiri sehingga dalam prosesnya menghasilkan sebanyak 38 gudang dilakukan penghapusan dengan nilai penghematan sebesar 15.000.000.000 diberbagai wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur.
Kata kunci: Strategi, Gudang, Reposisi,