Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Berbasis Scaffolding terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA
Abstract
Pendidikan menjadi pendorong penting bagi perkembangan manusia mulai dari komunikasi, informasi, karakter serta sifatnya. Sumber belajar yang relevan akan mempermudah siswa untuk bisa mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing. Berdasarkan hasil observasi keterbatasan guru dalam menunjang pembelajaran masih banyak kekurangan salah satunya dari segi model pembelajaran yang dilaksanakan di ruang kelas. Upaya dalam meningkatkan pemikiran siswa yang bersifat kreatif dan membuktikan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran SOLE berbasis Scaffolding. Tujuan penelitian adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran SOLE berbasis Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa di SMA. Jenis penelitian ini ialah quasi eksperimen. Penelitian ini memakai desain pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan memiliki pengaruh signifikan model pembelajaran SOLE berbasis Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa di SMA. Nilai yang dihasilkan dari uji T-test kemampuan berpikir kreatif memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,048 dan 0,047 sedangkan nilai yang dihasilkan dari uji T-test hasil belajar geografi siswa di SMA memperoleh nila sig (2-tailed) 0,000 dan 0,000