Hubungan Pembelajaran Model Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 pada Siswa Kelas V SDN Dabasah 3 Bondowoso
View/ Open
Date
2023-01-19Author
Vanny Fadilla, Malinda
FADILLA, Malinda Vanny
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran terstuktur ialah suatu proses pembelajaran yang dimulai dengan membuka pelajaran yaitu menyampaikan kata kunci tujuan yang ingin dicapai, memaparkan isi pembelajaran, dan di akhiri dengan memberikan soal- soal atau tugas kepada siswa (Salim, 2011:2). Pelaksanaan tugas terstruktur meliputi tiga kegiatan pokok, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pembelajaran model tugas terstruktur terhadap hasil belajar tema 6 subtema 3 pembelajaran 3 pada siswa kelas V SDN Dabasah 3 Bondowoso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tugas terstruktur memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar tematik siswa kelas V SDN Dabasah 3 Bondowoso. Besar kontribusi model pembelajaran tugas terstruktur terhadap hasil belajar tematik siswa V SDN Dabasah 3 Bondowoso yaitu 62% dan sisanya sebesar 38% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.