Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Peserta Didik di SMAN 5 Jember Pokok Bahasan Pengukuran
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik menyebabkan peserta didik kurang mampu mengidentifikasi persoalan-persoalan yang tidak rutin terutama soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada peserta. Tahapan kemampuan pemecahan masalah yang diuji peneliti yaitu menggunakan tahapan polya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Desain penelitian pada penelitian ini yaitu one group pretest-posttest Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X3 SMAN 5 Jember yang terdiri dari 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah penerapan model problem based learning mengalami peningkatan. Hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang telah dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain menunjukkan hasil 0,70. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada peserta didik dengan kriteria tinggi.