Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-lkpd terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pokok Bahasan Besaran dan Satuan
Abstract
Pembelajaran fisika merupakan kegiatan belajar mengajar yang
dilakukan dengan sadar dan mempelajari tentang fenomena, gejala, peristiwa,
sehingga akan membentuk kemampuan pemahaman siswa untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Aktivitas dan pemahaman siswa yang kurang mengakibatkan hasil
belajar siswa yang kurang maksimal. Oleh karena itu diterapkanlah model PBL
yang diharapkan dapat menjadi pengalaman belajar siswa dalam menyelesaikan
masalah. Media E-LKPD digunakan karena sesuai dengan model yang diterapkan
sehingga dapat menjadi petunjuk penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengkaji pengaruh signifikan model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD
terhadap aktivitas belajar siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan, mengkaji
pengaruh signifikan model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap hasil
belajar siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan, mendeskripsikan respon
siswa setelah menggunakan model PBL berbantuan E-LKPD.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa
kelas X SMAN 2 Jember tahun ajaran 2022/2023 dan sampel yaitu kelas kontrol
dan eksperimen. Desain penelitian ini yaitu post test only control desaign. Teknik
analisis data untuk aktivitas dan hasil belajar dilakukan dengan menggunakan SPSS
yaitu jika data terdistribusi normal maka akan dilakukan uji statistik Independent
Sampel T Test dan jika data tidak terdistribusi normal maka dilakukan uji Mann
Whitney U. Teknik analisis data untuk respon siswa dilakukan dengan penyebaran
angket pada kelas eksperimen.
Hasil uji normalitas aktivitas belajar siswa terdistribusi normal sehingga
akan dilanjutkan dengan uji statistik Independent Sampel T Test. Berdasarkan data
hasil uji statistik Independent Sampel T Test hasil tes dinyatakan signifikanDIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
viii
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan E-
LKPD terhadap aktivitas siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan.
Sedangkan pada uji normalitas data hasil belajar siswa tidak terdistribusi normal
sehingga dilanjutkan dengan uji Mann Whitney U. Berdasarkan data hasil Mann
Whitney U terkait hasil belajar bahwa hasil tes dinyatakan signifikan sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan E-LKPD
terhadap hasil siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan. Respon siswa
berdasarkan data diperoleh rata-rata respon siswa pada kelas eksperimen sebesar
83% yang tergolong dalam kriteria sangat kuat sehingga dapat diartikan siswa
merespon sangat baik terkait model dan media yang digunakan.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan
model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas belajar fisika
SMA pokok bahasan besaran dan satuan, terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar fisika SMA pokok
bahasan besaran dan satuan, rata-rata respon siswa pada kelas eksperimen sebesar
83% yang tergolong dalam kriteria sangat kuat dan dapat diartikan bahwa siswa
merespon sangat baik dengan adanya penerapan model pembelajaran PBL
berbantuan E-LKPD untuk materi besaran dan satuan.