Etnomatematika pada Pembuatan Peralatan Dapur di Kalibaru Banyuwangi sebagai Bahan Ajar Siswa
Abstract
Budaya merupakan kesatuan yang utuh dan menyeluruh yang terdapat pada masyarakat, sedangkan pendidikan adalah kebutuhan pokok dari setiap individu dalam masyarakat. Satah satu objek dalam pendidikan adalah matematika. Hubungan antara budaya dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika. Tujuan dari adanya etnomatematika adalah untuk mengakui terdapat cara-cara berbeda dalam melakukan kegiatan matematika, keterkaitan antara budaya dan matematika bisa lebih dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pada pembuatan peralatan dapur di Kalibaru Banyuwangi dan membuat produk berupa paket soal tes berkenaan dengan etnomatematika pada pembuatan peralatan dapur di Kalibaru Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di Kalibaru Banyuwangi terhadap masyarakat yang bekerja sebagai pengrajin peralatan dapur. Berdasarkan hasil penelitian, didapat
beberapa etnomatematika pada aktivitas yang dilakukan dalam pembuatan dandang. Aktivitas-aktivitas itu meliputi aktivitas menghitung, mengukur, dan mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul saat pengrajin menentukan panjang dan lebar persegi panjang untuk badan dandang, menentukan
ketinggian dari letak saringan dandang, menentukan ukuran lebar jangka untuk alas dan tutup dandang, pembuatan jaring-jaring untuk tutup dandang, menentukan volume bagian dari dandang, menentukan upah, dan pembuatan dandang dengan diameter tertentu. Etnomatematika pada aktivitas mengukur muncul saat pengrajin mengukur letak ketinggian dari saringan, mengukur panjang dan lebar persegi panjang untuk badan dandang berdasarkan kapasitas dandang, mengukur jari-jari dari alas dan tutup dandang, dan mengukur panjang kawat yang digunakan sebagai penguat pada saringan. Etnomatematika pada aktivitas mendesain muncul saat pengrajin mendesain sebuah penggaris yang digunakan untuk menentukan panjang dan lebar untuk badan dandang, mendesain lubang pada saringan dandang, dan mendesain jaring-jaring yang digunakan untuk tutup dandang dan pada aktivitas mendesain muncul konsep matematika tentang bangun datar dan bangun ruang.
Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa paket soal tes. Paket soal tes yang dihasilkan berbentuk pilihan ganda dengan materi yang diangakat pokok bahasan bangun rungan sisi lengkung. Soal dan pembahasan yang dibuat merupakan aplikasi atau penerapan dari etnomatematika pada pembuatan peralatan dapur dalam membuat dandang. Aktivitas yang diterapkan pada paket soal tes berfokus pada penentuan berapa banyak bahan yang digunakan dalam pembuatan badan dan tutup dandang, penentuan tinggi saringan, penentuan tinggi tutup, penentuan tinggi badang dandang, dan pembuatan dandang dengan ukuran tertentu.