Sejarah Pendidikan Dasar pada Masa Kolonial Belanda Tahun 1900-1920
Abstract
Pendidikan dasar anak-anak pribumi diawali dengan pengajaran sederhana
mengenai kehidupan sehari-hari. Namun, semenjak bangsa Eropa datang ke
Indonesia pad awal abad ke-16 dengan misi pelayarannya pendidikan dasar di
Indonesia mengalami perubahan seiringan dengan pengaruhnya. Perubahan dan
pengaruh menjadi hal yang baru dan berdampak besar dalam pendidikan di
Indonesia. Perubahan dan pengaruh tersebut menjadi persoalan penting yang ingin di
ungkapkan dalam penulisan ini sehingga ditemukan Rumusan masalah penelitian
sebagai berikut: Bagaimana pendirian pendidikan dasar oleh Pemerintahan Kolonial
Belanda yang beragam tahun 1900-1920 dan bagaimana pelaksanaan pendidikan
dasar yang beragam masa pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1900-1920.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan lebih dalam sejarah pendidikan dasar di
Indonesia pada masa kolonial Belanda. Manfaat penelitian ini dapat menjadi
referensi, menambah pengetahuan, penelitian lanjutan untuk para pembaca. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang menggunakan 5
langkah yakni, pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi,
penulisan sejarah. Pendekatan yang digunakan politik pendidikan dengan teori
kebijakan public oleh William Dun.