• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Rangkaian Arus Bolak-Balik Disertai Penyelesaian Soal dengan menggunakan Teorema Phytagoras

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Unej.pdf (4.088Mb)
    Date
    2023-01-12
    Author
    Royani, Shinta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan Buku Ajar Rangkaian Arus Bolak-Balik Disertai Penyelesaian Soal dengan Menggunakan Teorema Phytagoras; Shinta Nuriyah Mahbubiyah Royani, 190210102089; 2022: 118 halaman, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Ketersediaan buku ajar dalam pembelajaran dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Suatu buku ajar dapat dikatakan sebagai buku ajar yang baik apabila memenuhi empat kriteria standar kelayakan suatu buku ajar yang berdasarkan pada peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan. Salah satu buku ajar yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah buku ajar cetak. Buku ajar sangat diperlukan pada mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa, seperti mata pelajaran fisika. Materi fisika yang dianggap sulit oleh peserta didik dan menjadi materi Ujian Nasional serta tes masuk perguruan tinggi negeri salah satunya adalah materi arus bolak-balik. Hal ini disebabkan karena dalam penyelesaiannya dibutuhkan perhitungan serta pendekatan matematis yang cukup rumit sehingga Peserta Didik mengalami kesulitan. Selain itu, dalam beberapa buku cetak pembahasan materi listrik dinamis rangkaian arus bolak-balik masih menggunakan bahasa yang terlalu tinggi serta pembahasan teks belum berkorelasi dengan soal sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan melakukan penelitian pengembangan suatu buku ajar fisika pada materi rangkaian arus bolakbalik yang didalamnya menggunakan cara penyelesaian soal yang lebih sederhana yaitu dengan menggunakan teorema Phytagoras. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar rangkaian arus bolak-balik disertai penyelesaian soal dengan menggunakan teorema Phytagoras yang valid, efektif, dan memiliki respon yang positif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan dengan mengkaitkan keidentikan teori satu dengan teori lain yang sejenis. Setelah itu hasil dari keterkaitan keidentikan teori tersebut akan disusun menjadi sebuah buku ajar dan akan dikembangkan dengan diuji kevalidan, keefektifan dan respon peserta didik dengan menggunakan uji terbatas. Uji validitas dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 ahli serta 1 pengguna. Hasil dari uji validitas buku ajar rangkaian arus bolak-balik disertai penyelesaian soal dengan menggunakan teorema Phytagoras dikategorikan sangat valid oleh validator ahli dan validator pengguna dengan perolehan skor rata-rata 4,46 dan persentase kevalidan sebesar 89,2%, sehingga produk dapat diimplementasikan pada proses pembelajaran. Selanjutnya, hasil dari uji efektivitas adalah diperoleh data peningkatan uji N-Gain dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 83,46%, sehingga buku ajar rangkaian arus bolak-balik disertai penyelesaian soal dengan menggunakan teorema Phytagoras dapat dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran. Terakhir adalah melakukan analisis respon peserta didik yang memperoleh data dengan nilai rata-rata 80,3 sehingga mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dihasilkan buku ajar rangkaian arus bolak-balik disertai dengan penyelesaian soal menggunakan teorema Phytagoras yang valid, efektif, dan memiliki respon yang positif dari peserta didik. Buku ajar ini masih memiliki keterbatasan yaitu teorema Phytagoras hanya bisa digunakan ketika nilai resistor diketahui pada rangkaian seri bukan rangkaian paralel. Maka dari itu, teorema Phytagoras hanya dapat digunakan pada rangkaian seri RL, RC, dan RLC.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115554
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository