Penerapan Pembelajaran Terpadu Model Jaring Laba-laba ( Webbed Model) pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Siswa Kelas IVB Semester Ganjil SD Muhammadiyah I Jember Tahun Ajaran 2006/2007
Abstract
Pembelajaran terpadu merupakan kegiatan pembelajaran yang berlangsung
secara nyata, yang mengembangkan proses berpikir siswa sehingga terasa
kebermaknaannya bagi kehidupan. Pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed
model) merupakan pelajaran yang dimulai dari suatu tema. Pembelajaran terpadu model
jaring laba-laba ini dapat disoroti dari beberapa mata pelajaran. Beberapa permasalahan
dalam penelitian ini mengenai bagaimana keaktifan belajar siswa dan bagaimana
ketuntasan belajar siswa melalui pembelajaran terpadu model jaring laba-laba. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar siswa pada
pokok bahasan operasi hitung bilangan dan bagaimana keaktifan belajar siswa selama
pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 30 Maret 2006 s.d 4 Oktober 2006 di SD
Muhammadiyah 1 Jember dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas IVB
semester ganjil SD Muhammadiyah 1 Jember tahun ajaran 2006/2007. Jenis
penelitianyang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan
metode angket, sedangkan data yang dikumpulkan adalah hasil observasi aktivitas
siswa, kelompok dan guru selama pembelajaran berlangsung, hasil wawancara, hasil
tes dan hasil angket.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah proses pembelajaran berlangsung
tertib dan lancar, siswa aktif mengikuti jalannya pembelajaran dan juga siswa dapat
menguasai isi/materi yang disampaikan guru sesuai tujuan. Pada dasarnya
pembelajaran terpadu model jaring laba-laba mendapat respon positif dari siswa