Prosedur Akuntansi Penjualan Aksesoris Jaringan Kopegtel Banyuwangi
Abstract
Perkembangan IPTEK dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat
Hal ini membawa angin segar bagi perekonomian Indonesia. Terbukti menjelang
abad ke-21 banyak sekali berdirinya badan usaha, baik yang didirikan oleh pihak
pekeijaan yang mudah karena kelangsungan pemeliharaan dan pengembangan
badan usaha lebih berat dibandingkan mendirikan badan usaha itu sendiri.
dalam badan usaha itu sendiri.
Setiap badan usaha pasti melakukan kegiatan pemasaran karena kegiatan
pemasaran merupakan sarana untuk memperkenalkan produk sekaligus untuk
memperbaiki hubungan antara badan usaha dengan konsumen. Semakin baiknya
hubungan tersebut akan sangat membantu bagi badan usaha dalam mencapai
tujuan.
Kegiatan pemasaran tidak pernah terlepas dari kegiatan penjualan dimana
fungsi penjualan merupakan kegiatan vital setiap badan usaha. Tanpa penjualan
berarti tidak ada bisnis, dan ukuran yang sering digunakan untuk menilai sukses
tidaknya badan usaha dalam memperoleh keuntungan adalah hasil penjualan. Dari
hasil penjualan ini diharapkan dapat memperoleh keuntungan atau laba.
Masalah yang tidak kalah penting dengan manajemen penjualan dalam
suatu badan usaha adalah akuntansi penjualan yang meliputi prosedur-prosedur
yang rinci mulai transaksi penjualan dilakukan. Prosedur akuntansi penjualan
mutlak diperlukan guna menunjang perencanaan dan penjualan dalam operasional
badan usaha. Pemakaian prosedur akuntansi yang baik dan sesuai dengan standar
swasta maupun BUMN. Pada hakekatnya sebuah badan usaha yang didirikan pasti
disertai dengan tujuan dan harapan dapat berkembang pesat. Tujuan itu dapat
berupa pencapaian keuntungan atau laba yang layak guna menjaga kelangsungan
hidup dan perkembangan badan usaha itu sendiri baik untuk jangka pendek
maupun jangka panjang.*
Dalam kenyataannya, untuk mewujudkan hal tersebut bukanlah suatu
Berbagai masalah akan timbul silih berganti baik dari pihak luar maupun dari
1
Akuntansi Keuangan yang berlaku akan membantu dan menghasilkan informasi
yang akurat bagi manajemen dalam hal pengambilan keputusan.
Koperasi pegawai PT. Telkom merupakan suatu badan usaha yang
dibentuk untuk memenuhi kebutuhan seluruh pegawai PT. Telkom. Dalam
Kopegtel terdapat berbagai macam kegiatan usaha. Beijalannya kegiatan
operasional yang dilakukan oleh badan usaha tersebut salah satunya dipengaruhi
oleh prosedur akuntansi penjualan, dimana prosedur akuntansi penjualan ini harus
dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk membantu badan usaha dalam mencapai
tujuannya.
Mengingat pelaksanaan prosedur akuntansi penjualan sangat berperan
penting dalam peningkatan usaha kearah masa depan. Maka atas dasar pemikiran
tersebut Praktek Keija Nyata ini dilaksanakan dengan judul PROSEDUR
AKUNTANSI PENJUALAN AKSESORIS JARINGAN KOPERASI PEGAWAI
PT. TELKOM KANCATEL BANYUWANGI.
*
1.2 Tujuan dan Kegunaan Praktek Kerja Nyata.
1.2.1 Tujuan Praktek Kerja Nyata.
a. Untuk mengetahui dan memahami bagaimana prosedur penjualan
aksesoris jaringan yang dilakukan oleh koperasi pegawai Telkom.
b. Untuk memperoleh pengalaman praktis mengenai prosedur penjualan
aksesoris jaringan.
1.2.2 Kegunaan Praktek Kerja Nyata.
a. Sebagai salah satu syarat kelulusan pada akhir pendidikan Diploma tiga
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
b. Memperoleh pengalaman praktis dengan terlibat langsung dalam prosedur
akuntansi penjualan aksesoris jaringan Koperasi Pegawai PT. Telkom
Kancatel Banyuwangi.