Analisis Kepuasan Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Jember
Abstract
Lembaga Pendidikan Tinggi m erupakan tempat untuk
membentuk dan mempersiapkan sumberdaya m anusia yang
berkualitas melalui proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan
untuk melakukan analisis pengaruh rangsangan pemasaran
terhadap tingkat kepuasan mahasiswa pada Program Studi Magister
Manajemen Program Pascasarjana Universitas Jember.
Instrumen penelitian adalah berupa kuisioner yang meliputi 7
dimensi pelayanan yaitu product, price, promotion, place, personal
traits, process dan physical evidence.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Angkatan
2002 dan Mahasiswa Angkatan 2003 Program Studi Magister
Manajemen Program Pascasarjana Universitas Jember. Jum lah
sampel menggunakan rum us Slovin,
Hipotesis pertama menyatakan Variabel Product, Price,
Promotion Place, Personal Traits, Process dan Pysical Evidance tidak
mempunyai pengaruh signifikan terhadap Tingkat Kepuasan
Mahasiswa. Hipotesis kedua menyatakan Variabel product
mempunyai pengaruh yang dominan dalam meningkatkan Tingkat
Kepuasan Mahasiswa.
Dari hasil analisis regresi berganda, uji F menunjukkan
koefisien sebesar 1.533 dan signifikan pada tingkat signifikansi
0.180. Dengan nilai Probabilitas > 0,05 m enunjukkan bahwa tidak
ada pengaruh signifikan faktor-faktor rangsangan pem asaran jasa
terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiawa di Program Studi Magister
Manajemen Program Pasca Saijana Universitas Jember.
Berdasarkan perhitungan koefisien beta, m enem patkan faktor
Price, sebagai faktor dominan dalam peningkatan kepuasan
mahasiswa.