Analisis Implementasi Video Pembelajaran Berbantuan Nearpod untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika pada Materi Barisan dan Deret Kelas X SMA
Abstract
Video pembelajaran berbantuan Nearpod adalah video pembelajaran interaktif yang digunakan dengan bantuan platform Nearpod. Kemampuan literasi matematika diartikan sebagai kemampuan seseorang merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi video pembelajaran berbantuan Nearpod untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi barisan dan deret kelas X SMA. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian addalah siswa kelas X-10 SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh siswa di kelas penelitian memiliki kemampuan literasi matematika dalam rentang level 1-6. Di antara rentang tersebut, diperoleh 5 subjek penelitian dengan level tertinggi kemampuan literasi matematika yang dapat dicapai yaitu level 6 oleh subjek S5. Implementasi video pembelajaran berbantuan Nearpod di kelas penelitian yang dikatakan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika dan mendapat mayoritas tanggapan positif subjek penelitian. Tanggapan positif antara lain video pembelajaran berbantuan Nearpod menyenangkan dan mudah dipahami. Sedangkan tanggapan negatif subjek penelitian terkait kebutuhan akses internet yang kuat dan penjelesan pada video yang kurang rinci akibat dari keterbatasan ruang penyimpanan pada versi dasar Nearpod.