Peran Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kesetaraan (Studi Kasus Pada Program Paket C di PKBM Al-Kamil)
Abstract
Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin
modern berdampak pada semua aspek kehidupan salah satunya adalah pendidikan.
Dimana saat ini banyak terobosan baru pada pembelajaran salah satunya
pembelajaran online atau daring. Hal ini tidak serta merta hanya diterapkan pada
pendidikan formal, namun pendidikan formal juga mengaplikasikan hal ini pada
proses pembelajarannya salah satunya pada lembaga PKBM Al-Kamil Surabaya,
sehingga saat ini pendidikan non formal sudah dapat bersaing dengan institusi
pendidikan lainnya. Hal ini perlu adanya adaptasi dari peserta didik pendidikan non
formal yang sebagian besar terdiri dari berbagai tingkatan usia dan berbagai macam
pekerjaan. Sehingga dari permasalahan tersebut dalam disimpulkan menjadi sebuah
judul penelitian peran pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik kesetaraan (studi kasus pada program paket C di PKBM Al-Kamil)