Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet Terhadap Interaksi Belajar Siswa Kelas 5 Di Sdn Jember Lor 03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring berbasis Google Meet terhadap interaksi belajar siswa di SD. Penelitian dilatarbelakangi kurang optimalnya proses pembelajaran daring karena siswa tidak interaktif dalam mengikuti pembelajaran melalui media belajar yang monoton. Sampel yang digunakan adalah kelas 5C berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas (pembelajaran daring berbasis Google Meet) dan satu variabel terikat (interaksi belajar). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Pengumpulan data menggunakan angket, kemudian dianalisis dengan regresi linear sederhana. Hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,762 dan ditemukan ttabel sebesar 2,056 pada tabel dengan df=26 pada taraf signifikan 5%. Sehingga diketahui bahwa thitung = 2,762 > 2,056 =ttabel. Demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring berbasis Google Meet terhadap interaksi belajar. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa pembelajaran daring berbasis Google Meet memberikan pengaruh sebesar 22,7% terhadap interaksi belajar.