Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing menggunakan Authentic Assesment pada Pembelajaran Fisika SMP (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Pengukuran Dasar pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Kalisat)
Abstract
Tercapainya hasil belajar yang maksimum tidak terlepas dari peran guru.
Oleh karena itu, guru fisika hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran yang
dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif serta
merangsang siswa selalu aktif mengajukan pertanyaan dan mengajarkan kepada
siswa untuk menyelidiki suatu masalah dan memecahkannya dengan kondisi kelas
yang menyenangkan. Dasar dari pemecahan masalah adalah kemampuan untuk
belajar dalam situasi proses berfikir dengan kondisi kelas yang menyenangkan. Hal
itu dapat dicapai apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif. Dalam
pembelajaran kooperatif digunakan keterampilan-keterampilan khusus agar dapat
bekerja sama di dalam kelompoknya, seperti menjadi pendengar yang baik,
memberikan penjelasan kepada teman sekelompok dengan baik, siswa diberi lembar
kerja. Kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan
selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan secara
bersama-sama. Penerapan model kooperatif dapat menggunakan suatu tipe
pembelajaran yang diselingi dengan permainan sehingga kondisi dalam kelas
menyenangkan. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe Snowball
Throwing. Pembelajaran dengan tipe Snowball Throwing merupakan pembelajaran
yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar bagaimana bekerja secara
individu dan secara kelompok serta menyampaikan idea atau gagasan baik secara
/
lisan maupun dari suatu permasalahan Tujuan dari penelitian ini adalah:l. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Snowball Throwing menggunakan Authentic Assessment dengan
pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika siswa di SMP? 2. Untuk
mengkaji aktivitas pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing menggunakan
Authentic Assessment pada pembelajaran fisika di SMP
Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kalisat. Responden penelitian ditentukan
setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik
cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre test and post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dengan menggunakan uji
t menunjukkan hasil thiturtg = 2,32 dan W / = 1,99, sehingga thitung > ttabei maka
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Aktivitas belajar siswa
pada kelas menggunakan Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball
Throwing secara individu sebesar 83.71 % dan secara kelompok sebesar 87.24% dan
termasuk dalam kategori sangat aktif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Snowball Throwing dan model konvensional pada pembelajaran fisika kelas VII di
SMP Negeri 1 Kalisat. Aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kalisat
termasuk dalam kategori sangat aktif.