Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Permainan Monopoli Fisika terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan permainan monopoli fisika terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMA. Metode penelitian menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain posttest only control design. Populasi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Jember dan sampel kelas XI IPA 1 (kontrol) dengan metode diskusi dan tanya jawab kemudian XI IPA 3 (eksperimen) dengan model Learning Cycle 7E berbantuan permainan monopoli fisika. Hasil Penelitian diperoleh bahwa hasil uji-t aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 3 Genteng diperoleh sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Sehingga model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan permainan monopoli fisika berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa SMA pada pokok bahasan teori kinetik gas.