Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Tutor Sebaya dan Lks untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011
Abstract
Berdasarkan observasi awal dan wawancara singkat dengan guru bidang studi
matematika kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 tanggul diketahui bahwa masih banyak
siswa yang mengalami kesulitan dalam statistika, di samping itu pembelajaran dengan
menggunakan metode ceramah dan metode pemberian tugas yang telah diterapkan
oleh guru mengakibatkan siswa kurang komunikatif karena siswa merasa malu,
enggan untuk bertanya apabila masih kurang mengerti materi yang disampaikan oleh
guru sehingga perlu diadakan penelitian yang beijudul “ Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Berbantuan Tutor Sebaya dan LKS untuk meningkatkan Hasil Belajar
Statistika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun
Ajaran 2010/2011.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran
kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS, menganalisis aktvitas siswa dan tutor
pada saat pembelajaran, dan menganalisis prosentase ketuntasan hasil belajar siswa
setelah proses belajar menggunakan kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS
pada pokok bahasan statistika pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tanggul
Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yaitu
rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2
Tanggul dengan jumlah siswa 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 7 Agustus
-3 1 Agustus 2010. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode wawancara. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif